Cases

Kasus korupsi yang melibatkan pejabat daerah di Industri Pertambangan sepertinya tidak pernah berhenti. Pada tahun ini (2017) Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam akhirya ditahan KPK setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka atas kasus menerima suap senilai lebih dari Rp 60 miliar terkait dengan pemberian izin usaha pertambangan sepanjang tahun 2009-2014.

Sebelumnya, Adriansyah Bupati tanah laut telah terbukti menerima suap lebih dari Rp 1 miliar untuk memuluskan izin usaha tambang di Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Pada tahun 2013 Badan Pemeriksa Keuangan bahkan pernah melaporkan 26 perusahaan pertambangan atas dugaan korupsi dengan memanfaatkan hutan secara ilegal ke Bareskrim mabes polri. Selanjutnya, KPK telah mengidentifikasi, dari sekitar 11.000 izin tambang yang ada di seluruh Indonesia, 3.772 izin dinilai bermasalah dan dicurigai terjadi korupsi yang melibatkan kepala daerah sebagai pemberi izin.

Laman ini akan mendokumentasikan kasus-kasus korupsi batubara yang terjadi di Indonesia. Analisis terhadap pola tindakan korupsi akan diuraikan sebagai bahan pencegahan atau pun perbaikan tata kelola dan tata niaga batubara.